gerakan disiplin sekolah




di manapun anda berada tak pelak anda akan di jejali dengan peraturan-peraturan yang kadang membuat anda merasa risih . Namun mau tak mau anda harus menaatinya namun tetap saja peraturan itu selalu berdampingan dengan pepatah peraturan di buat untuk di langgar namun hal itu memang benar adanya sebab sepanjang yang saya lihat peraturan itu selalu di langgar dan setiap tersangka sang pelanggar peraturan akan memberikan alasan yang beragam agar tak mendapat hukuman yang dapat di berikan.
"peraturan itu segala sesuatu yang tertulis dan tidak tertulis di lingkungan tertentu yang di maksudkan untuk menrtibkan memberikan kenyamanan dan mencegah hal-hal yang tidak di inginkan sebagai contoh merokok di kawasan sekolah " tutur ikhsan wicaksono seorang siswa di SMAKBO . lantas apakah peraturan hanya bersifat positif saja? ternyata peraturan itu juga ada sisi negatifnya sebagai contoh peraturan dapat mengurangi tingkat kretifitas seseorang,memicu tngkat emosi,adanya kerugian yang di alami oleh sesuatu pihak, dan tak hanya itu saja itu hanyalah beberapa contoh yang saya ambil dari sisi negatif peraturan .
lantas bagai mana cara mempertahan kan peraturan di suatu lingkungan yang khususnya di sekolah . Untuk lebih tetapnya peraturan di seklah sangatlah sensitive sebab pada masa di sekolah sekolah khususnya di sma yang di mana yang kita tahu bahwa masa sma adalah masa transisi dari remaja ke dewasa. maka dari itu peraturan yang di buat harus tidak mengikat terlalu kuat agar pada masa transisi tidak terkekang dan dapat membuat siswa tersebut sedikit lebih nyaman dengan peraturan tersebut.
setiap peraturan yang ada pasti ada murid yang setuju atau pun tidak terhadap peraturan tersebut, banyak contoh peraturan yang di anggap sangat berat oleh para siswa, misalnya siswa pria harus berambut rapi tapi tidak demikian adanya karna masih banyak siswa yang rambutnya tidak sesuai dengan peraturan srkola di karenakan korban dari mode yang terus berkembang, oleh karena itu di sekolah sekolah sering di lakukan razia rambut termasuk SMA KOSGORO.
contoh lain dari peraturan yang biasa tapi sering di langgar siswa adalah jam masuk sekola yang di anggap terlalu pagi oleh para siswa, memakai atribut sekolah, larangan mencontek saat ulangan ,larangan untuk tidak merokok di lingkungan sekolah, dan larangan pemakaian sepatu warna bebas.
sebenarnya yang paling penting di dalam displin dalam sekolah itu adalah disiplin tentang cara belajar kita. bukan hanya cara belajar di sekolah maupun cara belajar kita di rumah.

Dalam pengertian yang paling sederhana, kita akan melihat bahwa anak-anak tidak akan senang berada dalam tekanan, dipaksa, dibentak, apalagi diancam dengan hukuman supaya mau belajar. berusaha memahami keinginan anak dengan tetap mengarahkan untuk tetap belajar merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan. Karena semakin dipaksa untuk belajar maka akan menimbulkan ekses yang tidak baik. Apabila sudah sampai pada taraf ini maka belajar, waktu belajar dan waktu untuk mengerjakan pekerjaan atau tugas sekolah akan menjadi saat-saat yang menyebalkan bagi anak.

Sikap positif orang tua berpengaruh besar bagi kelancaran belajar anak. Namun kelancaran belajar itu pasti tidak akan tercapai kalau suasana belajar tidak mendukung. Karena itu orang tua sebaiknya menyediakan tempat khusus untuk anak belajar.

Selain memberikan ruang khusus untuk privasi belajar anak, orangtua haruslah memonitor belajar anak, karena anak sekarang semakin pintar dalam hal mencari-cari alasan. Banyak anak yang rajin memegang buku tapi hanya sekedar dipegang, dan parahnya lagi beberapa orangtua menganggap bahwa si anak sudah belajar. Jadi memang diperlukan peran serta orang tua dalam membimbing anak-anaknya dalam belajar. karena waktu belajar yang ada di sekolah sangat terbatas.

Peran guru dalam memberikan pengajaran dan bimbingan di sekolah serta perang orangtua dalam mengawasi proses belajar anak dapat disinergikan sehingga target belajar dapat tercapai. Selain itu, faktor lingkungan juga memberikan kontribusi yang besar terhadap motivasi dan semangat belajar anak.

dapat di simpulkan bahwa, kedisiplinan akan tumbuh bila hal tersebut kita jadikan kebiasaan baik di sekola ataupun di rumah.

dengan demikian berarti hanya diri kita yang dapat memotivasi agar menjadi orang yang disiplin khususnya dalam peraturan sekolah, dan banyak sekali contoh contoh yang dapat kita teladani agar lebih membuat kita sadar akan pentingnya kedisiplinan dalam menuju kesuksesan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar